Sabtu, 04 Oktober 2014

Resume Perkuliahan Manajemen Diklat Senin, 29 Sept 2014

Pelatihan..
Hari senin 29 september 2014 Manajemen Pendidikan 2012 A mendapat materi mata kuliah Manajemen Diklat mengenai pendekatan Pelatihan.. dalam tulisan ini akan dibahas apa yang telah diterangkan dan dibahas di kelas pak Amril dalam mata kuliah manajemen diklat.

Pelatihan menurut pendekatan siapa yang dibantu dibedakan menjadi dua yaitu:
1.       Pelatihan pendekatan Tradisional, dimana pelatihan dengan pendekatan ini masih menganggap bahwa orang yang baru belum pernah kerja dan belum mempunyai ketrampilan sama sekali. Sehingga orang baru ini harus dilatih dari awal seperti orang yang belum mempunyai ketrampilan apa-apa.
2.       Pelatihan dengan pendekatan modern. Pelatihan yang menggunakan pendekatan ini melakukan pelatihan disesuaikan dengan kemampuan orang yang akan bekerja, karena menurut pendekatan ini orang baru tersebut sudah mempunyai ketrampilan sehingga diberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhannya saja dan pelatihan ini untuk perkembangan orang tersebut.
Sasaran pelatihan:
1.       Individual objektif           : Pencapaian Individu untuk memjukan organisasi. Pelatihan yang dilakukan oleh individu yang bertujuan agar organisasinya dapat ikut maju.
2.       Organisasi objektif          : tujuan organisasi didahulukan baru akan memaksa individu untuk memajukan organisasi.
3.       Fungsional objektif        
4.       Sosial objektif                    : berkaitan dengan etika dan tanggung jawab organisasi terhadap lingkungan (social organisasi)
Pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan performance (Knoeladge, Atitude, Skill)
Pelatihan merupakan tentang cara, bagaimana melakukan sesuatu.
Pentingnya pelatihan dan pengembangan:
1.       Membantu pengoptimalan human resource, yang dapat membantu organisasi dan individu
2.       Menyediakan peluang peningkatan secara teknis
3.       Meningkatkan ktrampilan kerja
4.       Memperluasan wawasan ktrampilan, pengetahuan, kepribadian,
5.       Produktifitas
6.       Peningkatan semangat kelompok, sense of teamwork
7.       Belajar membangun budaya belajar
8.       Pekatihan etika, cara bergaul, membangun cara berorganisasi (Budaya Organisasi)
9.       Iklim organisasi, membangun rasa positif dalam organisasi
10.   Kualitas kerja, bagaimana melayani
11.   Meningkatkan lingkungan kerja yang sehat
12.   Karyawan yang baik, hubungan yang baik, atas dan bawahan
13.    Meningkatkan kesehatan dan keselamatan
14.   Morile, semangat
15.   Meningkatkan image
16.   Keuntungan]
17.   Membantu mengembangkan organisasi
18.   Sikap yang lebih baik
19.   Aspek-aspek lain yang dapat mendorong pengembangkan perilaku yang lebih baik.
Pentingnya membuat sasarn pelatihan:
1.       Menyiapkan petunjuk yang jelas
2.       Kompetensi yang harus dimiki peserta pelatihan
3.       Untuk mengukur progress peningkatan
4.       Peserta latihan,
Partisipasi peserta, peserta harus tau tujuannya apa biar merreka semangat mengikuti pelatihan. Pelatihan bukan surprise. Peserta idberi tau tujuan yang jelas dan efek positif yang akan diperoleh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar