Sabtu, 18 Oktober 2014

Model Pelatihan "Manj, Pelatihan" Senin 13102014

Model pelatihan: pelaksanaan pelatihan program dan tatacara pelatihannya
1.       Model pengembangan system pembelajaran
Instructional system Development (Focus kepada yang dihasilkan)
Menciptakan peserta berinteraksi sehingga terjadi perubahan perilaku
Model ini menggunakan media, jenis dan tujuan yang ingin dicapai.
Tahap-tahap model ini adalah:
a.       Analisis
Sebelum pelatihannya dilakukan maka dilakukannyalah tahap analisis. Analisis yang dilakukan adalah menganalisi kebutuhan, jabatan yang akan dilatih, target audiens yang akan ikut dalam pelatihan. Proses diagnosis siapa yang membutuhkan.
b.      Perencanaan
Setelah menganalisis tahap selanjutnya adalah tahap perencanaan.  Perencanaan yang dilakukan adalah perencanaan tujuan, perilaku peserta yang akan dicapai setelah selesai ikut pelatihan.
c.       Pengembangan
Setelah merencanakan tujuan yang akan dicapai selanjutnya adalah tahap pengembangan dimana disini dilakukan pendesign terhap pelatihan yang akan dilakukan, design yang dibuat diimplikasikan salah satunya dengan menyiapkan materi yang relevan dengan tujuan pelatihan. Metode yang akan digunakan apa sehingga tujuannya tercapai.
d.      Eksekusi
Eksekusi yang dilakukan berupa menyiapkan logistic yang dibutuhkan untuk pelatihan berupa ruangan, dan aksesoris pelatihan lainnya.
e.      Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang penting dalam melaksanakan pelatihan. Dengan diadakannya evaluasi diharapkan pelatihan yang akan dilaksanakan selanjutnya akan dapat dilaksanakan lebih baik lagi. Evaluasinya bisa dilakukan bersinambungan dan diakhir pelatihan. Dengan adanya evaluasi yang dilakukan memastikan tujuan yang telah dirumuskan diawal iitu tercapai.
2.       Transition model

Pelatihan yang dilakukan dari  organisasi seluruhnya, melihat dari visi misi perusahan. Berdasarkan nilai yang ada di orgnasisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar