Sabtu, 24 Mei 2014

Resume Perkuliahan Manajemen Pemasaran Senin, 18 Mei 2014

“Bauran Promosi”

Promosi adalah upaya menyampaikan pesan yang terkandung pada produk pemasaran ke konsumen/pelanggan.

Marketing harus dikomunikasikan secara baik kepada konsumen agar konsumen inginmembeli produk yang dijual oleh perusahaan.

Bauran merupakan beberapa cara untuk promosi. Dalam bauran yang sering dipake perusahaan dalam bauran adalah periklanan. Periklanan dapat dimuat di media cetak, online dan elektronik.

Dibawah ini merupakan cara untuk promosi :
1.       Periklanan
Dalam melakukan periklanan harus diperhatikan beberapa hal di bawah ini:
a.       Harus jelas tujuan
Dalam membuat iklan harus mempunyai tujuan. Tujuan untuk komunikasi, tujuan penjualan.
b.      Keputusan anggaran
Dalam membuat iklan juga harus memperhatikan anggaran yang akan dikeluarkan perusahaan untuk iklan ini. dalam memutuskan anggaran melalui pendekatan sesuai kemampuan penjualan, menyamai pesaing. Tujuan dan tugas anggaran tergantung media periklanannya juga.
c.       Apa yang disampaikan/pesan
Dalam membuat iklan juga menentukan strategi pesan yang akan disampaikan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat menerima pesan yang disampaikan secara baik. Dalam membuat pesan harus memperhatikan isi, pemilihan huruf dan warna.
d.      Keputusan media
Dalam memilih media yang dipakai dapat didasari dengan jangkauan, frekuensi media yang akan dipilih. Media yang dapat dipilih adalah media elektronik, cetak dan online. Dalam memilih media juga harus memikirkan waktu dan kapan dapat diiklankan produknya.
e.      Evaluasi
Setelah periklanan dilakukan, perusahaan melakukan evaluasi. Mengevaluasi dampak komunikasi, dampak penjualan, dampak pesan, dampak pemilihan media.

                Dalam periklanan ada beberapa keputusan penting dalam periklanan, diantara lain:
a.       Menentukan tujuan iklan
Tujuan diadakannya iklan dapat berupa:

·         Member informasi
·         Membujuk
·         Mengingatkan
b.      Menetapkan Anggaran Periklanan
·         Pangsa pasar
·         Persaingan dan kesemrautan
·         Frekuensi periklanan
·         Derensiasi produk
c.       Strategi iklan
·         Pesan iklan yang akan disampaikan harus dapat memikat hati konsumen dan pesan dapat dicerna dengan baik pesan yang disampaikan.
·         Penyeklesian media, dalam periklanan media sangat penting sehingga media harus diseleksi dengan baik.
Langkah menyeleksian media:
·         Menentukan jangkauan frekuensi dan dampak
·         Tipe media utama
·         Wahana media
·         Waktu penayangan
·         Evaluasi periklanan
·         Mengorganisasikan periklanan
2.       Promosi penjualan
Insentif jangka pendek. Keputusan penting dalam promosi:
a.       Tujuan promosi
b.      Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
c.       Menyusun program promosi penjualan
d.      Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
e.      Melaksanakan dan mengendalikan program-program promosi penjualna
f.        Evaluasi hasil penjualan
3.       Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Hubungan masyarakat merupakan membangun hubungan yang baik dengan berbagai public perusahaan.  Hubungan masyarakat ini dilakukan lebih untuk  membangun image.
Penting untuk mebangun hubungan masyarakat:
a.       Menetapkan tujuan hubungan masyarakat
b.      Memilih pesan dan wahana masyarakat
c.       Mengimpllementasikan rencana hubungan masyarakat
d.      Mengevaluasi hasil hubungan masyarakat
4.       Personal selling (penjualan pribadi)
Yang dimaksud dengan personal selling adalah dengan kekuatan pribadi penjual untuk mempengaruhi orang untuk membeli produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar