Kamis, 01 Mei 2014

Multi Level Marketing



Pengertian MLM
Menurut Santoso (2008 : 28) Secara umum Multi Level Marketing adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingkat bawah), orang akan disebut Upline jika mempunyai Downline. Inti dari bisnis MLM ini digerakkan dengan jaringan ini, baik yang bersifat vertikal atas bawah maupun horizontal kiri kanan ataupun gabungan antara keduanya.
Dengan kata lain, Multi Level Marketing disebut juga dengan pemasaran jaringan, dan sebagian orang menyebutnya Direc Selling atau penjualan langsung.
Sistem Pemasaran MLM secara umum
Kisata (2005: 12) “MLM adalah sebuah bisnis menggunakan strategi jaringan dalam memasarkan jaringannya”. 
Ada beberapa keuntungan konsep MLM yang membuat MLM lebih unggul dengan usaha lainnya, yakni:
1.            Pemutusan rantai distribusi
Jalur distribusi MLM: pabrik à distributor à konsumen
Setiap penambahan jalur distribusi pasti menaikkan harga barang, karena adanya pengambilan keuntungan dan biaya operasional yang dibebankan ke punjualan produk.
2.            Personal Franchise
Konsep MLM memungkinkan kita untuk membeli sebuah sistem usaha yang telah terbukti berhasil dan jika diterapkan kecendrungan berhasilnya tetap tinggi dan tidak perlu biaya tinggi dan juga bisa menawarkan ke orang lain untuk menjadi bagian dari jaringan kita.

3.            Membangun jaringan pemasaran tanpa batas dan biaya murah
Setiap memsponsori seseorang, berarti kita telah membuka satu cabang baru yang mandiri. Kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena uang keanggotaan dibayar oleh orang yang ingin bergabung. Kita juga berhak mensponsori ke mana saja kita suka, tanpa batasan wilayah
4.            Penghematan biaya iklan
Setiap distributor adalah pengiklan, dan perusahaan akan diuntungkan oleh hal ini. Saat ini biaya iklan mengambil 1/3 dari total biaya operasional
5.            Pemberian kesempatan kepada semua orang untuk berbisnis mandiri
Dengan adanya konsep MLM  yang memberikan kebebasan kepada siapa saja untuk bisa memulai usaha sendiri dengn modal kecil, tanpa resiko, dilatih, dan tidak butuh tempat khusus.
6.            Mengurangi biaya salesperson
Setiap distributor MLM secara langsung maupun tidak langsung adalah sales person sekaligus konsumen setiap perusahaan. Jika dalam perusahaan itu terdapat distributor yang hebat, biasanya merekalah yang melatih konsultan bawahannya, dan perusahaan dibebaskan dari biaya pelatihan distributor.
MLM adalah satu bisnis yang menghasilkan passive income uang sangat besar. Passive income adalah penghasilan yang didapatkan tanpa harus bekerja lagi, dan memberikan kebebesan waktu. MLM juga memberikan kesempatan bagi orang muda untuk bisa sukses lebih cepat.
Perusahaan MLM memberikan rencana pemasaran yang jelas, dimana asal keuntungan, tingkat atau posisi yang bisa dicapai, bagaimana passive income didapat, dan bahwa jaringan kita tidak dapat diambil dengan sesuka hati oleh siapapun. Sistem pemasaran dengan menggunakan jaringan sudah terbukti ampuh dalam membangun kecepatan dan kesuksesan dalam bisnis.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar