Minggu, 11 Mei 2014

Price (resume perkuliah tgl 05052014)

Price/harga adalah sejumlah uang yang dikenakan terhadap suatu produk atau jasa atau jumlah nilai.

Dalam menentukan harga menentukan harga terdapat beberapa pertimbangan, diantara lain:
1.       Faktor Internal
a.       Tujuan pemasaran.
b.      Strategi bauran
Pemasaran dari sisi tempat, harga, promosi yang akan digunakan untuk pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan.
c.       Biaya
Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk tersebut.
d.      Pertimbangan
Pertimbangan dari internal organisasi mempengaruhi harga suatu barang.
2.       Factor Eksternal
a.       Pasar dan permintaan
Harga suatu barang dapat dipengaruh oleh permintaan produk tersebut di pasaran.
b.      Persaingan
Dengan adanya pesaing dapat mempengaruhi harga agar produknya tetap laku di pasaran.
c.       Factor lainnya
Factor lainnya seperti ekonomi, penjualan, peraturan pemerintah dll.
Dalam menentukan kebijakan yang akan diambil perusahaan, ada beberapa langkah diantaranya:
1.       Memilih tujuan penentapan harga.
Dalam menentukan tujuan penetapan harga ada 2 hal yang bisa diambil diantaranya.
a.       Price floor: penentuan harga dengan memberikan harga yang paling rendah.
b.      Price celling: harga yang diberikan adalah harga yang paling tinggi.
Penentuaan kebijakan ini didasari oleh:
·         Permintaan di pasar, sasaran
·         Strategi bisnis dan pemasaran
·         Diferensiasi produk
·         Harga pesaing
·         Harga barang substitusi (harga barang peganti)
·         Biaya produksi (banyak produksi maka semakin murah harganya)
Pendekataan dalam penetapan harga diantara lain:
·         Cost based pricing
Dalam penentapan harga dengan cara ini dengan menambahkan laba “Mark Up” terhadap suatu produk, sebelum akhirnya ditetapkan harga produk tersebut. Cara penghitungannya adalah

Unit Cost = variable cost + Fixed costs
                                            Unit sales
Mark up price = Unit cost
                          (1-desired return on sales)






·         Break even analysis and target profit pricing
Unit Cost =          Fixed cost
       Price-Variabel Cost




·         Value based pricing
Harga ditentukan berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya jual.

Perbedaan antara cost based pricing dengan value based pricing diantara lain:

Cost based pricing
Produksi à Cost à Price à Value à Cost

Value Based Pricing
Costumer à Value à Price à Cost à Product

·         Competition Based Pricing
Harga berdasarkan harga yang yang ditetapkan oleh pesaing untuk jenis produk yang serupa. Dengan memperhatikan harga yang diberikan oleh pesaingnya.

Strategi Penetapan Harga Produk Baru
1.       Market- skimming pricing
Harga untuk produk baru yang tinggi untuk mendapatkan pendapatan maksimum dari segmen yang berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi.
2.       Market penetration pricing
Harga yang rendah untuk produk baru dilakukan untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasara yang besar.
Strategi Penyesuaian Harga
1.       Discount and allowance princing
2.       Segmented pricing (menyesuaikan pelanggan, produk, lokasi yang berbeda-beda)
3.       Psychological pricing (menyesuaikan harga dengan efek psikologis yang membeli)
4.       Promotional pricing (mengurangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan untuk jangka pendek)
5.       Geographical pricing (menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis atau letak konsumen berada)
6.       International Pricing (menyesuaikan harga untuk pasar internasional)
Penerapan harga diskriminasi berdasarkan:
1.       Segmen pelanggan
2.       Bentuk produk
3.       Lokasi
4.       Waktu
Penetapan harga psikologi dengan pertimbangan:
1.       Lebih menarik?
2.       Nilailebih baik?
3.       Psikologi harga?
Penetapan Promosi
1.       Kepemimpinan harga merugi
2.       Penetapan harga untuk even
3.       Potongan harga
4.       Pembiayaan bunga rendah
5.       Pembayaran jangka panjang
6.       Garansi dan pelayanan
7.       Diskon psikologis
Pertimbangan dasar keputusan harga untuk dipasarkan di luar home country
1.       Apakah harga mencerminkan kualitas?
2.       Apakah harga kompetitif?
3.       Apakah perusahaan harus menjalankan market penetration, market skimming/ tujuan lainnya?
4.       Tipe diskon yangbagaimana yang ditawarkan?
5.       Harga harus berbeda bagi segmen yang berbeda?
6.       Keputusan harga yang bagaimana yang diambil apabila biaya perusahaan menurun/meningkat? Apakah permintaan elestis/inelastic?
Market Holding
1.       Strategi digunakan perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasa.
2.       Fluktuatif mata uang
Pengaruh lingkungan terhadap keputusan harga
1.       Fluktuasi nilai mata uang
2.       Penetapan harga di wilayah yang mengalami inflasi
3.       Campur tangan dan subsidi pemerintah
4.       Perilaku pesaing
5.       Hubungan harga dan kualitas
Transfer Pricing
Penetapan harga dari produk/jasa yang dibeli/dijual oleh unit operasi/divisi dari perusahan yang sama. Berkaitan dengan pertukaran intrakorporasi transaksi antara pembeli dan penjual yang memiliki peusahaan induk yang sama.
Penetapan haraga
1.       Cost based trans pricing
2.       Market based
3.       Negotiable


Tidak ada komentar:

Posting Komentar