Pertemuan Senin, 17 Feb 2014
Kenapa belajar Marketing
(Pemasaran)?
1. Banyak
factor yang mempengaruhi suksenya suatu bisnis. Salah satunya adalah focus
terhadap pelanggan dan komitmen yang kuat. Hal ini masuk ke dalam marketing.
2. Perusahaan
berbagi, memahami dan memuaskan customer atau target pasar.
3. Memotivasi
semua orang unruk prosuksi dengan produk yang unggul, produk yang bernilai
tinggi , pemimpin dalam level kepuasan pelanggan.
What is marketing?
A social
and managerial process by which individuals and groups obtain what the need and
want through creating and exchanging products and value with others.
Marketing atau pemasaran merupakan proses yang
dilakukan seseorang atau kelompok untuk menawarkan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan atau keinginan dengan membuat atau merubah produk dan nilai dengan
yang lain.
Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan:
Needs : states
of felt deprivation
Wants : the
form taken by human needs as they shaped by culture and individual personality
Dengan tampilan yang menarik dapat menarik
pembeli untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Oleh karena itu dalam proses
pemasaran haruslah dibuat dengan semenarik mungkin agar banyak pembeli yang
akan tertarik.
Produk: sesuatu yang bisa ditawarkan kepada
pasar untuk attention (perhatian), Acquisition (diperoleh), digunakan atau
sesuatu yang dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan/keinginan. Berupa fisik,
pelayanan, orang, tempat, lembaga dan ide.
Hal-hal yang berhubungan dengan Marketing:
o
Value : membeli sesuatu karena mempunyai nilai
o
Satisfaction : kepuasaan dlam membeli sesuatu
o
Kualitas
o
Pertukaran/Exchange: semua ada harganya
o
Transaksi: ada kesepakatan : tawar menawar
o
Realitionship: pelayanan, komunikasi yang ramah
Philosopi Marketing:
- Production concept: kapan saja dan dimana saja orang-orang dapat menemukan produknya.
- Product concept: produk yang berkhualitas, tidak sembarangan barang tersebut dapat dibeli (limited edition).
- Selling concept: orang memilih produk tersebut karena banyak iklan dan promosinya.
- Marketing concept: menggunakan waktu yang tepat. Memperhitungkan waktunya.
- Societal marketing concept: barang yang dijual tidak hanya mengambil keuntungan untuk perusahaan saja tetapi sebagian labanya digunakan untuk kegiatan social.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar