Sabtu, 08 Maret 2014

Resume Perkuliahan Manj. Pemasaran Jasa1



Pertemuan Senin, 17 Feb 2014
Kenapa belajar Marketing (Pemasaran)?
1.       Banyak factor yang mempengaruhi suksenya suatu bisnis. Salah satunya adalah focus terhadap pelanggan dan komitmen yang kuat. Hal ini masuk ke dalam marketing.
2.       Perusahaan berbagi, memahami dan memuaskan customer atau target pasar.
3.       Memotivasi semua orang unruk prosuksi dengan produk yang unggul, produk yang bernilai tinggi , pemimpin dalam level kepuasan pelanggan.

What is marketing?
*      A social and managerial process by which individuals and groups obtain what the need and want through creating and exchanging products and value with others.
*      Marketing atau pemasaran merupakan proses yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menawarkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dengan membuat atau merubah produk dan nilai dengan yang lain.
*      Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan:
Needs : states of felt deprivation
Wants : the form taken by human needs as they shaped by culture and individual personality
*      Dengan tampilan yang menarik dapat menarik pembeli untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Oleh karena itu dalam proses pemasaran haruslah dibuat dengan semenarik mungkin agar banyak pembeli yang akan tertarik.
*      Produk: sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk attention (perhatian), Acquisition (diperoleh), digunakan atau sesuatu yang dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan/keinginan. Berupa fisik, pelayanan, orang, tempat, lembaga dan ide.
*      Hal-hal yang berhubungan dengan Marketing:
o   Value : membeli sesuatu karena mempunyai nilai
o   Satisfaction : kepuasaan dlam membeli sesuatu
o   Kualitas
o   Pertukaran/Exchange: semua ada harganya
o   Transaksi: ada kesepakatan : tawar menawar
o   Realitionship: pelayanan, komunikasi yang ramah
Philosopi Marketing:

  •   Production concept: kapan saja dan dimana saja  orang-orang  dapat menemukan produknya.
  •  Product concept: produk yang berkhualitas, tidak sembarangan barang tersebut dapat dibeli (limited edition).
  •  Selling concept: orang memilih produk tersebut karena banyak iklan dan promosinya.
  • Marketing concept:  menggunakan waktu yang tepat. Memperhitungkan waktunya.
  •  Societal marketing concept: barang yang dijual tidak hanya mengambil keuntungan untuk perusahaan saja tetapi sebagian labanya digunakan untuk kegiatan social.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar