Senin, 17 Maret 2014

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran 4 (10/03/2014)



·         Extension strategies
A bussines wishing the extend the life of a product  which has reached naturity or in decline can after one or move of the marketing mix by changing
-          Product        : packaging, introduce a new version
-          Price              : reduce the price to instroduce a new costumers
-          Promotion  : cara memasarkan produk baru
-          Place             : change where it can be bought
·         Branding
-          Product with a “personality”
-          Instantly recognizable by logo, packaging, taste, advertising and other features
-          Warranty
-          Some brands have “snab valuu”
-          Usually cost more
·         Brand loyalily
Pelanggan biasanya membeli barang berdasarkan brand yang dijual dibeberapa tempat saja.
·         Price
Harga sangat penting dalam menjual sebuah produk. Harga harus ditentukan secara pas. Banyak pertimbangan untuk menentukan suatu harga diantaranya:
-          Harga produksi
-          Kompotitor
-          Image barang yang akan dijual, barang mahal atau barang murah.
·         Pricing decision
-          Low price, harga murah untuk menjangkau pasar, pertimbangan dengan memproduksi barang yang banyak
-          Average price, harga rat-rat dengan harga yang lain
-          High price, harga lebih mahal
·         Pricing techniques
-          Time based, harga ditentukan berdasarkan waktu pengkerjaannya.
-          Cost plus, harga laba yang diharapkan dari harga produksi
-          Start up or penetration pricing, harga macano, harga pameran
-          Off the top or price skimming, harga sesaat saat pada waktu tertentu.
-          Destroyer, harga yang merusak pasar, dengan harga murah tapi kualitas bagus untuk menghancurkan kompotitor.
-          Market oriented, sasaran pasar. Sama dengan kompotitor tapi ada segmentasi pasarnya sendiri
·         Place
Tempat untuk pemasaran sebuah product dapat melalui:
-          Retail
-          Wholesale
-          Mail order
-          Internet
-          Direct sales
-          Peer to peer
o   Place adalah perjalan dari produsen kepada konsumen, bagaimana cara konsumen memperolehnya.
o   Product terbaik berada di waktu dan tempat yang tepat
·         Chanel of distribusi:
-          Pabrik --> wholesaler --> retailerà customer
-          Pabrik --> retail --> customer
-          Pabrik --> konsumen
·         Promotion
-          Penawaran khusus
-          Iklan
-          Endorsemen
-          User trials
-          Direct mailing
-          Leaflets
-          Competition
-          Join vantures (pameran)
Promotion is the way in which a customer is made aware of a product or service and is persuaded to purchase it.
-          Tujuan promosi
o   Mempengaruhi
o   Memberikan informasi
o   Memperingati
-          Media promosi
o   Tv
o   Koran. Majalah, tabloid
o   Radiio
o   Cinema
o   Outdoor media (billboards, sports boardings, etc)
o   Internet
o   Direct mail
·         The choice of advertising media depens on:
-          Product
-          Audience
-          The type coverage
-          Berapa banyak yang aka diraih dari iklan tersebut
-          Kompotitor iklannya dimana.
·         Sales promotion
2 groups of sales promotion:
1.       Into the pipeline
2.       Out of the pipeline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar