Sabtu, 08 Maret 2014

Resume Perkuliahan Manj. Pemasaran Jasa 2



Pertemuan Senin, 24 Feb 2014
Analisis Lingkungan Pemasaran
Ada beberapa hal yang dipertimbangkan dalam analisis lingkungan pemasaran

  • ·         Ada factor yang mempengaruhi

The actors & the force (kekuatan lain) yang dapat membangun dan mensukseskan transaksi dengan target costumers.

  • ·         Microenvironment

Yang mempengaruhi pelayanan pada konsumen.
Ex: perusahaan itu sendiri, supplier, jaringan pemasaran/pelangan, pesaing dan masyarakat.

  • ·         Macroenvironment

Kekuatan social yang mempengaruhi lebih luas.
Ex: factor demografis, penduduk, ekonomi, alam, teknologi, politik dan kekuatan budaya.

  • ·         Marketing

Marketing: to at tact (masuk dan mempengaruhi)
Membangun relationshiop dengan konsumen untuk menciptakan nilai dan kepuasan konsumen.
·         Marketing manager tidak dapat bekerja sendiri, dia pasti bergantung dengan factor-faktor lainnya untuk dapat mencapai target pasar.

Ø  The Company
Di dalam perusahaan terdiri dari beberapa bagian yang dapat membuat perusahaan tersebut mencapai target pasar dan membuat perusahaan itu lebih maju. Bagian-bagian dari perusahaan tersebut diantara lain:
o   Top Management
Top management/ manager dalam suatu perusahaan sangat memberikan pengaruh terhadap kebijakan demi keberlangsungan perusahaan tersebut.
o   Finance
Bagian keuangan sangat dibutuhkan dalam keberlangsungan perusahaan. Yang mengatur keuangan yang ada di perusahaan.
o   Riset development
Riset development bagian yang meriset terhadap kebutuhan pasar yang nantinya akan membuat produk-produk baru yang dibutuhkan oleh pasar.
o   Purchasing
Purchasing atau pembeliaan, merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pembeliaan barang yang dibutuhkan dalam pembuatan produk.
o   Manufacturing
Manufacturing merupakan bagian produksi barang perusahaan yang nantinya akan diedarkan ke pasar.
o   Accounting
Bagian yang melakukan pembukuaan, inventaris dll yang terjadi di perusahaan tersebut.
Ø  Supplier
Supplier sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan untuk produksi.
Ø  Marketing intermediaries (perantara)
Marketing intermediaries merupakan perusahaan untuk mempromosikan, menjualkan, distribusi barang kepada konsumen.
Ex: reseller (membeli lalu dijual kembali), perusahaan distribusi fisik, marketing services agencies, lembaga keuangan (bank).
Ø  Costumers (pelanggan)
Ada beberapa macam constumer:
o   Costumer markets
o   Bussines markets  (membeli untuk dijual kembali)
o   Reseller
o   Government markets (barang dijual di pemerintahan)
o   Internasional markets
Ø  Public (masyarakat)
o   Financial publics
o   Media publics
o   Government publics
o   Citizen-action publics
o   Local publics
o   General publics
o   Internal publics
Ø  Demografis yang berhubungan dengan manusia (factor luar).
Factor Demografis dapat mempengaruhi dalam pembuatan suatu produk. Factor demografis  tersebut diantara lain:
o   Size (ukuran)
o   Density (kerapatan)
o   Lokasi
o   Age
o   Gender
o   Race (ras, seku, agama)
o   Pekerjaan
o   Data-data statistic lainnya
Ø  Economic environment (daya beli)
o   Buying power
Pembelian didasarkan pada minat dan potensi seseorang.
o   Spending pattern
Pola pengeluaran uang sesorang mempengaruhi daya beli.
Ø  Natural environment
o   Daya tahan barang
o   Increased cost of energy
o   Increased pollution
o   Intervensi pemerintah terhadap sumber daya yang ada
Ø  Techonological environment
o   Teknologi baru
o   Perbahatuhi peoduk baru
o   Peluang pasar
o   Cepatnya perubahan teknologi
o   Anggaran untuk riset dan development
o   Concentration on minor improvenment
o   Peraturan-peraturan
·         Polical environment
o   Laws
o   Kantor-kantor pemerintah
o   Group yang berusaha menekan lembaga konsumen
o   Legislation regulating business
o   Changing government
·         Cultural environment (ligkungan budaya)
o   Persistence of cultural value (ketahanan terhadap nilai-nilai budaya yang ada)
o   Shift in secondary cultures value
·         People’s views of themselves
·         People’s views of others
·         People’s views of organizations
·         People’s views of society
·         People’s views of nature
·         People’s views of universe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar